Generasi Z Dikenalkan Moderasi Beragama Lewat Komik

Laporan: Sinpo
Rabu, 07 Desember 2022 | 05:55 WIB
Komik Moderasi Beragama (Kementerian Agama)
Komik Moderasi Beragama (Kementerian Agama)

SinPo.id -  Ada banyak cara yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam upaya penguatan moderasi beragama. Salah satunya yang diinisiasi oleh Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Kemenag.

Tim Puslitbang LKKMO berupaya menginsersi muatan moderasi beragama dan mengenalkannya pada generasi Z melalui media komik.

Kapuslitbang LKKMO, Arskal Salim GP, mengatakan, bahwa insersi moderasi beragama lebih mudah dipahami khususnya oleh generasi Z atau kaum pelajar, salah satunya melalui komik.

"Komik adalah salah satu media literasi yang ringan dibaca juga digemari oleh anak muda dan muatan moderasi beragama harus masuk melalui komik," jelas Arskal dalam giat Penguatan Moderasi Beragama basi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong di Serpong, Kamis (1/12/2022).

Menurutnya, dengan pendekatan komit, siswa MAN Insan Cendekia Serpong antusias mengikuti kegiatan penguatan Moderasi Beragama. Apalagi, dipadukan dengan paparan yang disampaikan Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut.

Eny Retno mengatakan, di tengah perbedaan dan keragaman, upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga harmoni salah satunya adalah menguatkan moderasi beragama. “Kita tentu tidak memoderasi agamanya, karena agama itu sudah baku dan tidak dapat diubah, tetapi bagaimana kita bersikap antarumat beragama (dengan moderat), tentu bisa kita upayakan,” ungkap Eny Retno Yaqut.

Pada kesempatan itu, Eny membagikan buku komik moderasi beragama produk dari Puslitbang LKKMO kepada para siswa. Eny juga menyerahkan komik tersebut ke Perpustakaan MAN IC Serpong sebagai bahan bacaan.

"Kami senang dengan inovasi penguatan dan penyebaran moderasi beragama melalui media komik ini, efektif, dan para siswa serta generasi Z ini senang dibagikan komik," ujarnya. sinpo

Komentar: