Ricky Rizal Ubah Keterangan BAP Usai Ditetapkan Tersangka: Saya Disuruh Baca Al-Quran Dulu

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 05 Desember 2022 | 19:50 WIB
Terdakwa pembunuhan Brigadir J, Ricky Rizal/ SinPo.id/ Ashar SR
Terdakwa pembunuhan Brigadir J, Ricky Rizal/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id -  Ricky Rizal Wibowo alias Bripka RR, salah satu terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J, mengaku mengubah keterangan di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada 8 Agustus setelah ditetapkan tersangka pada 7 Agustus dan ditahan di Bareskrim Polri.

Dia beralasan hanya ingin menceritakan kejadian yang sebenarnya. Pada malam 7 Agustus, kata Ricky, dirinya diminta penyidik agar mengatakan sejujurnya atau kalau tidak akan menyusahkannya. 

“Malamnya sekitar pukul 02.00 WIB, saya diambil dari tahanan terus ditemui sama beberapa orang, saya tidak ingat siapa saja, di salah satu ruangan Pidum (Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri). Terus saya ditanyakan ‘sudah kamu jujur saja’, di situ saya disuruh baca Alquran dulu,” ujar Ricky saat menjadi saksi terdakwa Kuat Ma’ruf dan Richard Eliezer di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 5 Desember 2022.

Ricky mengaku ditunjukkan BAP Richard Eliezer yang mengubah keterangannya melawan skenario Ferdy Sambo pada 8 Agustus. Namun Ricky mengaku pengubahan keterangannya tidak dipengaruhi oleh BAP Richard karena dirinya baru membaca setelah menulis testimoni. Kemudian dia menyerahkan testimoni itu ke penyidik. 

“Saya setelah pemeriksaan masih ditanya-tanya sama Bapak (Ferdy Sambo). Saya masih takut. Terus pemeriksaan saksi jadi tersangka, langsung ditahan malam itu juga Yang Mulia. Baru saya menuliskan testimoni yang saya ingat waktu itu Yang Mulia,” tutur Ricky.

Ricky mengaku terkejut membaca BAP Richard yang disodorkan penyidik. Saat itu BAP menyebut Ferdy Sambo ikut menembak Yosua dan bukan skenario tembak-menembak seperti rekayasa Ferdy Samboz

“Di situ menyampaikan bahwa Pak FS yang menembak Yosua semua, terus Richard ada di kamar berdoa,” ucap dia.

Dalam surat dakwaannya, JPU menuduh Ricky Rizal mengetahui dan membantu Ferdy Sambo dalam pembunuhan Yosua di rumah dinasnya pada 8 Juli lalu.

Ferdy Sambo disebut marah setelah mendengar keterangan sepihak dari istrinya, Putri Candrawathi yang mengaku dilecehkan Yosua di Magelang pada 7 Juli 2022. Ia pun lantas memanggil ajudannya Ricky Rizal menggunakan handie talkie (HT) ke lantai tiga. sinpo

Komentar: