Liga 1 Kembali Digelar, Suporter Diminta Belajar dari Petaka Kanjuruhan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Desember 2022 | 14:28 WIB
Ilustrasi suporter sepak bola/ Pixabay
Ilustrasi suporter sepak bola/ Pixabay

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta suporter bola di Tanah Air belajar dari petaka Kanjuruhan. Standar operasional prosedur (SOP) terkait pelaksanaan sepak bola diminta benar-benar ditaati dan dijalankan.

"Menggunakan SOP yang ada supaya tidak terjadi lagi kejadian yang tidak diinginkan seperti di Kanjuruhan," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 5 Desember 2022.

Dasco mengingatkan agar suporter menjunjung sportifitas. Baik pendukung klub Liga 1 atau pihak keamanan harus sama-sama menjaga keamanan Tanah Air.

"Kami imbau kepada penonton, pihak keamanan untuk menjaga suasana supaya tetap kondusif," ujarnya.

Terpenting lagi, kata Dasco, pihak pelaksana Liga 1 tunduk pada keputusan kepolisian. Khususnya, soal izin pelaksanaan Liga 1.

"Kalau dalam evaluasi-evaluasi dinyatakan bahwa belum bisa dilaksanakan ya kita serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian," ujar dia.

PT LIB merilis kabar soal kelanjutan Liga 1 2022-2023. Operator kompetisi tertinggi Liga Indonesia itu memastikan Liga 1 dilanjutkan pada 5 Desember 2022, setelah menerima izin dari kepolisian.

Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Lanjutan Liga 1 2022-2023 akan dilakukan dengan sistem bubble atau terpusat di Jawa Tengah dan DIY.sinpo

Komentar: