Semeru Erupsi, Dasco Imbau Masyarakat Hati-Hati dan Waspada

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Desember 2022 | 12:00 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Semeru untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada.

"Kepada masyarakat tentunya supaya lebih berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, terutama terhadap masyarakat sekitar Semeru," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 5 Desember 2022.

Ia juga meminta kepada pemerintah untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam menghadapi kemungkinan terburuk dari erupsi Semeru.

"Kepada pihak Pemerintah dan Pemda, terutama sedari dini kita siapkan kemungkinan terjelek yang akan terjadi karena kadang-kadang hal-hal yang menyangkut gunung seperti ini susah diprediksi," ungkapnya.

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah warga yang mengungsi mencapai 1.979 orang akibat dari meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

Sementara Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat luncuran awan panas dan guguran abu sudah mencapai lebih dari 13 Kilometer.sinpo

Komentar: