MPR Minta Seluruh Pihak Aktif dalam Pencegahan HIV/ AIDS

Laporan: Sinpo
Kamis, 01 Desember 2022 | 15:30 WIB
Ilustrasi HIV-AIDS/ Pixabay
Ilustrasi HIV-AIDS/ Pixabay

SinPo.id - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdiijat mengatakan, dukungan masyarakat untuk terlibat aktif mendampingi orang yang terpapar HIV/AIDS hidup dengan layak, sangat dibutuhkan. Pasalnya para orang dengan HIV/ AIDS saat masih kerap dikucilkan oleh masyarakat.

"Saat ini kita masih menghadapi kondisi publik yang belum mampu menempatkan dirinya dan penderita HIV/AIDS dalam struktur masyarakat kita. Hal ini merupakan masalah yang kita hadapi saat ini," kata politisi yang karib disapa Ririe ini dalam keterangannya, Kamis 1 Desember 2022.

Berdasarkan data, sambung Ririe, Indonesia termasuk lima negara yang memiliki kasus HIV /AIDS terbanyak di Asia Tenggara. Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, dengan konsisten meningkatkan berbagai upaya pencegahan penyakit menular di tanah air.

"Bagaimana kita lakukan sosialisasi terhadap publik dan melibatkan masyarakat untuk ikut mengatasi persoalan. Agar penderita HIV/AIDS bisa hidup layak di tengah masyarakat, harus benar-benar direalisasikan," kata dia.

Karena, menurut Rerie, persoalan yang dihadapi dunia saat ini bukan hanya sekadar pemahaman soal AIDS. Lebih dari itu, publik dunia masih menganggap AIDS  harus ditutupi dan penderitanya mendapat sanksi sosial.

"Permasalahan terkait HIV/AIDS yang dihadapi puluhan tahun lalu, masih menjadi problem besar dan nyata di masyarakat saat ini," katanya.

Sehingga, ucap politisi NasDem ini, diperlukan berbagai upaya adaptasi di tengah berbagai perubahan yang terjadi saat ini, khususnya terkait pengendalian penyakit menular, seperti HIV/AIDS.sinpo

Komentar: