Perang Saudara Berkepanjangan, Arab Saudi akan Bantu Yaman 1 Miliar Dolar AS

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 28 November 2022 | 07:52 WIB
Konflik di Yaman/ Reuters
Konflik di Yaman/ Reuters

SinPo.id - Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional menandatangani kesepakatan dengan Dana Moneter Arab Saudi untuk menerima bantuan ekonomi sebesar 1 miliar dolar Amerika.

Kesepakatan ekonomi tersebut, bertujuan untuk membantu pemerintah Yaman membangun stabilitas moneter dan fiskal melalui ekonomi yang luas.

Pasalnya, perang saudara di Yaman yang memasuki tahun kedelapan, telah menghancurkan perekonomian negara dan mendorong setengah dari populasi negara itu ke jurang kelaparan.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh gubernur bank sentral Yaman cabang Aden, Ahmed al-Maabqi, di hadapan Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan.

Dilansir dari VoA, lebih dari 150 ribu orang tewas dalam konflik tersebut, termasuk di antaranya warga sipil. Bahkan harga pangan di Yaman 60 persen lebih mahal daripada tahun lalu, salah satunya disebabkan perang di Ukraina yang telah memotong impor gandum ke negara itu.

Konflik dimulai pada tahun 2014 ketika pemberontak Houthi yang didukung Iran merebut ibu kota Sanaa. Namun, Koalisi yang dipimpin Arab Saudi, termasuk Uni Emirat Arab, melakukan intervensi pada tahun 2015 untuk mencoba memulihkan kekuasaan pemerintah yang diakui secara internasional.

Bank sentral Yaman cabang Aden berada di bawah kendali pasukan koalisi Saudi, meski uang kertas yang dicetak Aden tidak diterima di wilayah yang dikuasai Houthi.sinpo

Komentar: