Pak Bowo Ingatkan Ajaran Ki Hadjar Dewantara di IdeaFest: Lead by Example

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 25 November 2022 | 21:33 WIB
Prabowo jadi pembicara di IdeaFest/Tim media
Prabowo jadi pembicara di IdeaFest/Tim media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat, 25 November 2022 yang kebetulan bertepatan dengan Hari Guru Nasional.

Prabowo yang mengampu diskusi bertema ‘Leadership in a Polarized World’ sempat mengungkapkan pelajaran kepemimpinan yang dapat diambil dari Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia.

“Di ujungnya adalah ‘lead by example’ atau ‘ing ngarso sung tulodo’ di depan memberi contoh. Ki Hadjar Dewantara seorang yang luar biasa menurut saya pendiri sekolah-sekolah Taman Siswa yang sampai sekarang masih berdiri,” ujar Prabowo.

Prabowo pun mengutip semboyan Ki Hadjar Dewantara “ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani” yang artinya “di depan menjadi teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dorongan.

“Di depan memberi contoh di tengah-tengah berbuat ya membuat suatu hasil; mangun karso,” ujarnya.

“Tut wuri handayani; dari belakang mendukung. Filosofi yang sangat baik, di belakang memberikan dukungan,” sambungnya.sinpo

Komentar: