Batal Hari Ini, Surpres Panglima TNI Baru Dikirim Besok

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 23 November 2022 | 19:47 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan surat presiden (Surpres) terkait calon Panglima TNI baru akan dikirim istana pada Kamis, 24 November 2022. Surpres langsung dikirim ke Ketua DPR Puan Maharani.

"Sampai dengan sore ini Surpres belum, tapi kami dapat informasi Surpres akan dikirim kemungkinan besok ke Ketua DPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Dasco memastikan pergantian Panglima TNI segera diproses jika Surpres telah diterima Legislatif. Proses ini akan disesuaikan dengan mekanisme yang berlaku.

"Nanti kalau sudah di Ibu Ketua DPR kita akan proses sesuai mekanisme yg berlaku sambil waktunya kita paskan dengan masa reses," kata dia.

Informasi awal, Surpres akan dikirimkan istana hari ini. Namun, Surpres batal dikirim dikirim dan dipastikan diserahkan ke DPR besok.

"Saya enggak dapat info kenapa hari ini enggak jadi. Tapi besok akan langsung akan diserahkan ke Ibu Ketua DPR," kata dia.

Anggota Komisi III ini belum memastikan waktu penyerahan Surpres tersebut. Yang jelas, kata dia, penerimaan Surpres akan diinformasikan secara resmi oleh pimpinan DPR.

"Kita enggak tahu (jam penyerahan Surpres). Biasanya kan akan ada konpers. Disampaikan biasanya Pak Mensesneg dan Ibu Ketua (DPR)," kata Dasco.sinpo

Komentar: