DPR Minta Pemerintah Lakukan Proses Tanggap Darurat Gempa Semaksimal Mungkin

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 22 November 2022 | 18:38 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Ketua DPR RI Puan Maharani/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta proses tanggap darurat gempa Cianjur dilakukan semaksimal mungkin oleh pemerintah, agar para korban mendapat prioritas penanganan.

Pasalnya, gempa berkekuatan 5,6 SR yang mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya, telah memakan ratusan korban jiwa. Bahkan Tim SAR gabungan masih terus berusaha mengevakuasi korban gempa.

"Petugas lapangan mengalami kesulitan untuk menemukan lebih banyak jenazah akibat puing-puing rumah dan bangunan yang roboh. Jadi, kami berharap evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan bisa dipercepat," kata Puan, Selasa 22 November 2022.

Menurutnya, kerja sama dari berbagai elemen bangsa juga dapat mengoptimalkan segala proses yang dibutuhkan oleh korban gempa, terutama bagi mereka yang mengalami luka.

“Bantuan tenaga kesehatan dari daerah lain maupun kelompok relawan juga diperlukan mengingat ada banyak korban gempa, sehingga membutuhkan ekstra tenaga dan peralatan medis,” kata Puan menambahkan.

Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah memperhatikan kebutuhan tenaga bantuan trauma healing bagi para korban, khususnya anak-anak.

“Korban lainnya pun cukup banyak yang mengalami trauma akibat mengalami peristiwa memilukan. Trauma healing juga dibutuhkan untuk keluarga yang kehilangan sanak saudaranya,” paparnya.sinpo

Komentar: