Sambut HUT ke-100, Nahdlatul Ulama Gelar NU Festival 2022 di JIEXpo Kemayoran

Laporan: Sinpo
Sabtu, 19 November 2022 | 06:52 WIB
Nahdlatul Ulama/net
Nahdlatul Ulama/net

SinPo.id -  Nahdlatul Ulama (NU) akan menggelar festival menyambut usia ke-100 tahun melalui NU Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 19-22 Januari 2023. NU Festival 2023 menjadi wadah bagi warga NU, terutama di Jakarta dan sekitarnya untuk mengetahui lebih dalam tentang program Islam yang toleran dan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Festival itu dalam rangkaian Satu Abad NU yang puncaknya diadakan pada Februari 2023," ujar
Ketua Pelaksana NU Festival 2023 Tyovan Ari Widagdo dalam kegiatan Peluncuran NU Festival 2023 di Ballroom Yuan Garden Pasar Baru, Jakarta, Jumat 18 November 2022.

Tyovan menuturkan NU Festival 2023 dapat menjadi wadah bagi 115 juta anggota NU, baik di Indonesia maupun internasional untuk membangun dan mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki NU. Ia berharap acara ini mampu menggerakkan perekonomian rakyat yang menjangkau menyeluruh masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan NU. Hasil dari penyelenggaraan ini, katanya antara lain akan disumbangkan kepada pesantrenyang membutuhkan, mengembangkan UMKM binaan NU, dan keberlangsungan menjaga nilai-nilai Islam yang saling menghargai, pluralis, dan keberagaman Islam.

Dia mengatakan NU menghadirkan berbagai konten program dalam NU Festival 2023, di antaranya pameran UMKM, gelar wicara, bursa kerja, peragaan busana, hingga kajian. Adapun kompetisi pre-event berupa festival film pendek, musikalisasi pena, festival fotografi, festival perancang busana muslimah, festival kaligrafi, hingga MTQ.

Sementara itu, Tokoh NU Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab dikenal Yenny Wahid mengatakan salah satu tujuan NU Festival 2023 adalah menciptakan pemerataan ekonomi, terutama untuk para pedagang kecil.

"NU festival adalah 'slice selebrasi' dalam upaya menyatukan energi, terutama energi para anggota NU, pengurus NU, dan simpatisan NU untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia," pungkasnya.sinpo

Komentar: