Jaga Stabilitas Dunia Industri, Kadin Dorong Program Kesejahteraan Buruh Ditingkatkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 17 November 2022 | 08:57 WIB
Ilustrasi pekerja/ iStock
Ilustrasi pekerja/ iStock

SinPo.id - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) mendorong pelaku usaha untuk memikirkan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan buruh secara berkelanjutan dalam rangka menjaga stabilitas dunia industri.

"Misalnya, melalui program peningkatan produktivitas buruh, seperti upskilling atau reskilling, serta disediakannya tempat tinggal di sekitar tempat usaha untuk mengurangi pengeluaran," seperti dikutip  dari pernyataan resmi Kadin, Kamis 17 November 2022.

Menurutnya, di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini, pemerintah, para pengusaha, dan tenaga kerja harus bergotong royong dan fokus pada peningkatan kinerja ekonomi Indonesia, dengan tujuan kesejahteraan bersama.

Kadin melihat perlunya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP), agar daya beli masyarakat tetap terjaga, mempertimbangkan inflasi pada bulan Oktober 2022 mencapai 5,71 persen (yoy).

Namun, Kadin juga menyadari kenaikan UMP berisiko memberikan beban tambahan bagi para pengusaha di tengah melemahnya kondisi ekonomi global yang berdampak pada penurunan, permintaan, dan pendapatan perusahaan.

"Kita harus pastikan jangan sampai kenaikan UMP menggerus daya usaha industri yang dapat berakibat pada pengurangan tenaga kerja atau bahkan terpaksa gulung tikar yang malah dapat mengakibatkan peningkatan angka pengangguran," paparnya.

Oleh karena itu, sebagai mitra strategis pemerintah sekaligus rumah pelaku usaha, Kadin menghormati mekanisme yang berlaku terkait penentuan UMP dan siap menfasilitasi diskusi antar pemangku kepentingan untuk mendapat titik ekuilibrium.sinpo

Komentar: