Saleh Daulay: Penyebab Gagal Ginjal Akut Belum Dapat Dipastikan dari Obat Sirop

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 14 November 2022 | 21:33 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay (Galuh/Sinpo)
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay (Galuh/Sinpo)

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, mengatakan penyebab gagal ginjal akut pada anak, hingga saat ini belum dapat dipastikan berasal dari obat sirop. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum menyimpulkan penyebab gagal ginjal akut di dalam rapat dengar pendapat.

"Artinya belum bisa menyimpulkan satu-satunya penyebab gagal ginjal akut adalah etilen glikol (EG) atau dietilen glikol (DEG), masih ada faktor-faktor lain," kata Saleh kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 14 November 2022.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah menindaklanjuti faktor penyebab gagal ginjal akut, yang mengakibatkan kematian pada anak.

"Banyak anak-anak yang tidak minum sirop tetapi kena juga gagal ginjal akut, nah ini kan menjadi pertanyaan yang saya kira menjadi PR bagi pemerintah untuk ditindaklanjuti," katanya menegaskan.

Di samping itu, Saleh juga mempertanyakan jumlah kandungan EG dan DEG padanobat sirop saat ini, dan menekankan BPOM untuk meningkatkan pengawasan terhadap obat-obatan yang dijual di selurih apotek atau rumah sakit.

"Dulu EG dan DEG ada nggak sih dalam obat sirop? Kalau ada, kenapa dulu tidak dilarang, kok sekarang dilarang? Apakah jumlahnya dinaikkan sekarang lalu berbahaya, atau ada orang-orang secara membabi buta menambah unsur itu di dalam obat-obatan sehingga membahayakan jiwa orang," kata Saleh menambahkan.
 sinpo

Komentar: