Kemenkeu Gelar Konsultasi Publik RUU P2SK

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 30 Oktober 2022 | 15:01 WIB
Konsultasi publik RUU P2SK/Istimewa
Konsultasi publik RUU P2SK/Istimewa

SinPo.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menggelar Konsultasi Publik (Meaningful Participation) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) di Surabaya dan Banjarmasin.

Agenda tersebut sengaja digelar karena kritik, saran dan masukan dari para peserta sangat dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan dalam mengaspirasi perumusan RUU P2SK, dalam menopang pemulihan dan pertumbuhan Ekonomi Nasional.

“Kehadiran, partisipasi dan juga kontribusi yang di sampaikan pada hari ini, akan disampaikan menjadi bagian penting dalam proses perumusan RUU ini,” kata Staf Khusus Menteri Keuangan di Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, selaku moderator, dikutip Minggu 30 Oktober 2022.

Dalam kegiatan tersebut, ia menampung sejumlah saran, masukan, dan kritk yang menjadi fokus pembahasan, diantaranya terkait penguatan akses permodalan, koperasi, perlindungan konsumen, perasuransian, digitalisasi, kode etik, dan perbankan.

Oleh karena itu, Yustinus berharap RUU P2SK dapat segera dibahas bersama dengan DPR dan menjadi RUU yang memastikan sektor keuangan Indonesia akan berfungsi dengan baik, dan semakin intensif ke depannya.

“Ini adalah momentum yang bottom-up, dimana para pelaku dan stakeholder ikut berperan serta dan tidak berhenti disini. Tapi nanti dalam pembahasan kami juga menantikan peran aktif Bapak Ibu sekalian,” katanya menambahkan.
sinpo

Komentar: