BMKG: Siklon Tropis Nalgae Bergerak Jauhi Wilayah Indonesia

Laporan: Sinpo
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 22:10 WIB
Siklon tropis Nalgae/ BMKG
Siklon tropis Nalgae/ BMKG

SinPo.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, siklon tropis Nalgae yang terpantau di Laut Filipina atau di sebelah utara-timur laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara bergerak sudah menjauhi wilayah Indonesia. Hal tersebut ditegaskan BMKG melalui keterangannya, Sabtu 29 Oktober 2022.

"Siklon tropis Nalgae saat ini terpantau di Laut Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 40 knots. Dan, tekanan udara minimum 994 mb bergerak menjauhi wilayah Indonesia," cuit BMKG dalam Twitter resminya.

Intensitas siklon, kata BMKG, akan menguat serta bergerak ke arah barat laut pada Jumat 28 Oktober 2022. Yang artinya siklon tersebut mulai bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Berdasarkan analisis tersebut, siklon tropis tersebut berada sekitar 1.000 kilometer sebelah utara-timur laut Tahuna, Sulawesi Utara, dengan kecepatan angin maksimum 40 knots atau 75 kilometer per jam.

Sebagai informasi, siklon tropis Nalgae menghasilkan bibit siklon tropis 94W yang terpantau di Samudera Pasifik Barat sebelah utara Papua dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1.009,3 mb.

BMKG meprakirakan potensi bibit siklon 94W tersebut tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan pada rentang kategori rendah.sinpo

Komentar: