Peringatan Maulid Nabi, Menag Minta Ansor dan Banser Patuhi Perintah Kiai

Laporan: Sinpo
Senin, 24 Oktober 2022 | 05:05 WIB
Menag beri sambutan pada Apel Siaga Ansor dan Banser, sekaligus Peringatan Maulid Nabi
Menag beri sambutan pada Apel Siaga Ansor dan Banser, sekaligus Peringatan Maulid Nabi

SinPo.id -  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan Ansor dan Banser untuk tidak pernah gentar dan mundur ketika ada ancaman terhadap bangsa. Yaqut memberikan pesan pada Apel Siaga dan dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihelat Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di DI Yogyakarta di lapangan Alun-alun Selatan Yogyakarta, Minggu 23 Oktober 2022.

“Ansor dan Banser yang lahir tahun 1934, turut serta menumpas pengkhianatan yang dilakukan PKI pada 1948 dan 1965. Ansor dan Banser juga tampil di garda terdepan saat reformasi 1998,” tegas Gus Yaqut, sapaan akrabnya, 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor berpesan hal terpenting yang harus dilakukan Ansor dan Banser menebar manfaat, termasuk mematuhi perintah kiai. 

“Apa pun perintah kiai yang diberikan kepada kita, laksanakan dengan penuh tanggung jawab karena itu pasti bermanfaat. Kedua, jangan pernah lakukan sesuatu yang membuat kualat. Baik itu sebagai menteri, anggota DPD, DPR atau Banser, jangan sampai kita lakukan sesuatu yang membuat kita kualat,” tegasnya.

Gus Men menilai, saat ini banyak pihak yang segan Ansor dan Banser. Hal itu tidak terlepas dari sikap tegas dan kecintaan Ansor dan Banser terhadap NKRI.

“Setiap gangguan sekecil apa pun kepada bangsa, berarti mengganggu apa yang dulu pernah diperjuangkan para kiai kita, dan itu berarti menginjak harga diri dan martabat kita. Hanya ada satu kata, lawan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Rois Syuriah PWNU DIY KH Mas’ud Masduki, Ketua Tanfidziyah PWNU DIY Zuhdi Muhdor, jajaran PP GP Ansor, PW Ansor DIY, GBPH Prabukusumo, anggota DPD RI Hilmy Muhammad dan Kakanwil Kemenag DIY Masmin Afif serta segenap jajaran.sinpo

Komentar: