Relawan Jokowi Dorong Reshuffle Usai NasDem Dukung Anies Nyapres

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:25 WIB
Anies Baswedan/PPDI DKI
Anies Baswedan/PPDI DKI

SinPo.id -  Deklarasi Partai NasDem terhadap eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres terus jadi sorotan.

Kini, Relawan Jokowi mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar melakukan reshuffle kabinet segera mungkin. Usulan ini diklaim mendapat respon positif dari Jokowi.

"Adanya dinamika politik deklarasi capres oleh Partai NasDem dengan mengusung Anies Baswedan, menunjukkan bahwa pilihan politik NasDem telah berbeda haluan dengan spirit koalisi pemerintahan saat ini," ujar Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas dalam keterangan tertulis, Minggu, 23 Oktober 2022.

Manuver NasDem dengan berkoalisi bersama PKS dan Demokrat membuat loyalitas partai besutan Surya Paloh itu dipertanyakan. Pasalnya, NasDem dan Demokrat saat ini berada di luar pemerintahan.

"Apalagi arah politik koalisi NasDem mengusung capres Anies Baswedan akan menggandeng PKS dan Demokrat dimana garis politik yang jelas diametral dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Amin," kata Umbas.

Lebih lanjut, Umbas mengatakan pihaknya menyampaikan masukan dan dukungan kepada Jokowi agar segera melakukan reshuffle. Dia mengklaim Jokowi merespons ihwal itu.

"Kami relawan telah menyampaikan masukan serta dukungan penuh kepada Presiden agar segera melakukan reshuffle. Presiden merespons positif dan kami berkeyakinan Presiden Jokowi akan menjalankan hak prerogatifnya melakukan reshuffle kabinet. Soal kapan, kami tentu berharap dalam waktu dekat ini," ujar dia.

"Presiden Jokowi sudah memberi sinyal yang jelas, tergambar baik dari ucapan, analogi serta gestur tubuh. Sekarang tinggal momentum yang tepat, kita tunggu saja," tukas dia.sinpo

Komentar: