Sirup Obat Untuk Anak di Afrika Terkontaminasi, Ini Penjelasan BPOM

Laporan: Sinpo
Rabu, 19 Oktober 2022 | 20:33 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Badan pengawas obat dan makanan atau BPOM memberikan penjelaskan terkait dengan  sirup obat untuk anak di Gambia Afrika terkontaminasi terkontaminasi dietilen glikol dan etilen glikol. Badan pengawas itu mengutip informasi WHO, yang menyebut obat terdiri dari Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup yang diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

“BPOM melakukan pengawasan secara komprehensif pre- dan post-market terhadap produk obat yang beredar di Indonesia,” tulis penjelasan BPOM di kutip dari laman pom.go.id, rabu 19 Oktober 2022 malam tadi.

Keempat produk tersebut tak ada yang terdaftar di BPOM. Meski begitu badan pengawas terus memantau perkembangan kasus Substandard paediatric medicines mengenai produk sirup obat untuk anak terkontaminasi yang teridentifikasi di Gambia, Afrika.

“Serta melakukan update informasi terkait penggunaan produk sirup obat untuk anak melalui komunikasi dengan World Health Organization (WHO) dan Badan Otoritas Obat negara lain,” tulis pernyataan itu lebih lanjut.

Masyarakat juga diimbau agar tidak resah menanggapi pemberitaan yang ada, jika masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi apoteker, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya.

BPOM juga mengimbau publik agar lebih waspada menggunakan produk obat yang terdaftar yang diperoleh dari sumber resmi. Serta selalu ingat Cek KLIK. Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa sebelum membeli atau menggunakan obat.sinpo

Komentar: