PJ Gubernur DKI Ditunjuk Jokowi, Fraksi PKS Minta Netral Selama Bertugas

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 18 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ Zikri Maulana
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/ Zikri Maulana

SinPo.id -  Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Suhud Alynudin melayangkan interupsi dalam agenda rapat paripurna DPRD DKI Jakarta yang turut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur, Heru Budi Hartono. 

Dalam kesempatan tersebut, Suhud turut mengucapkan selamat atas tepilihnya Heru, sekaligus menyampaikan tiga hal terkait dengan penunjukannya sebagai Pj Gubernur DKI. Hal ini, kata Suhud, mengingat masa tugas Pj Gubernur dirasa cukup lama.

"Dan bukan tidak mungkin Pj Gubernur melewati tahun-tahun krusial Pemilu 2024. Pertama, harapan saya Pj Gubernur bisa menjaga harmoni di Jakarta, yang lima tahun ini DKI jauh dari kegaduhannya dan saya harap bisa dipertahankan," ujar Suhud, di ruang rapat paripurna DPRD DKI, Senin 17 Oktober 2022. 

Yang kedua, kata Suhud, Pj Gubernur harus bersikap netral dalam perpolitikan di Jakarta. Mengingat, Heru dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Soal netralitas, kita sama-sama tahu bahwa Pj Gubernur dipilih oleh presiden, namun demikian saya harap saudara bisa menjaga netralitas dan demokratisasi di DKI Jakarta," ujarnya. 

Yang ketiga, lanjutnya, Pj Gubernur diharap mampu menjaga hal-hal positif yang selama ini terjaga di Ibu Kota. 

"Ketiga melanjutkan dan menjaga hal positif yang telah terbangun dalam lima tahun ini," ucapnya. 

Untuk diketahui, DPRD DKI menggelar rapat paripurna pencabutan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi. Kemudian Raperda tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. 

Dalam kesempatan itu, Heru juga mendapat ucapan selamat dari seluruh jajaran pimpinan dan juga anggota DPRD DKI Jakarta, atas terpilihnya beliau sebagai Pj Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan. 

"Sebelum kita mulai sidang paripurna ini, mari kita berikan ucapan selamat kepada bapak Heru Budi Hartono yang kembali ke DKI Jakarta, dan sekarang menjadi penjabat Gubernur DKI," kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat tersebut. 

Selanjutnya, seluruh jajaran memberikan selamat kepada Heru dengan bersalaman secara beriringan. 



sinpo

Komentar: