Malas Mandi hingga Sulit Tidur Bisa Jadi Masalah Mental, Konsultasi ke Psikolog Bila Perlu

Laporan: Sinpo
Rabu, 12 Oktober 2022 | 23:28 WIB
Konsultasi dengan psikolog/ Istimewa
Konsultasi dengan psikolog/ Istimewa

SinPo.id - Psikolog klinis Saskhya Aulia Prima mengimbau masyarakat untuk segera berkonsultasi dengan profesional bila dirasa ada masalah dengan kondisi mental. Terlebih jika masalah kondisi mental tersebut telah mengganggu rutinitas sehari-hari.

"Beberapa ciri seseorang butuh terhubung dengan tenaga kesehatan profesional ketika kegiatan rutin hariannya terganggu. Misalnya seperti pola mandi, pola makan, dan pola tidurnya bermasalah terus-terusan lebih dari dua minggu," kata Saskhya seperti dilansir Antara Rabu 12 Oktober 2022.

Selain itu, kata Saskhya, ciri lain dari seseorang yang membutuhkan bantuan tenaga profesional untuk menangani masalah kesehatan mentalnya ialah ketika seseorang tersebut kerap berpikiran negatif hingga menyakiti diri sendiri. Tidak hanya itu, masalah lainnya yang muncul adalah tidak adanya motivasi diri untuk beraktivitas sehingga akhirnya performa dan produktivitasnya berakhir terbengkalai.

"Jika ternyata ciri-ciri itu terus dialami berulang kali, ini perlu segera ke profesional. Jika misalnya merasa tidak nyaman, bisa mengajak teman dekat atau saudara yang benar-benar dipercaya untuk ikut menemani konsultasi," ucap dia.

Meski dalam beberapa tahun terakhir topik mengenai kesehatan mental serta kesehatan jiwa sudah mulai diterima baik kepada masyarakat, kata Saskhya, tidak sedikit yang masih ragu untuk menghubungi tenaga profesional untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan mental.

Di samping makin banyaknya penerimaan masyarakat terhadap isu kesehatan mental, rupanya banyak juga masyarakat yang melakukan diagnosa mandiri atau "self diagnosed" berdasarkan informasi yang tersebar di ruang digital. Padahal diagnosa untuk kesehatan mental sama halnya dengan diagnosa untuk kesehatan fisik hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional.

"Dalam hal kesehatan mental, diagnosa seseorang mengalami masalah kesehatan mental hanya bisa ditegakkan oleh psikolog ataupun psikiater," pungkasnya.
 sinpo

Komentar: