Tiga Siswa di Pondok Labu Tewas Tertimpa Tembok, KPAI: Sekolah Harus Aman Bencana

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 07 Oktober 2022 | 23:56 WIB
MTsN 19 Cilandak yang menjadi lokasi tembok roboh/ Gulkarmat DKI
MTsN 19 Cilandak yang menjadi lokasi tembok roboh/ Gulkarmat DKI

SinPo.id - Menanggapi tewasnya tiga siswa MTsN 19 Pondok Labu, akibat tertimpa tembok yang roboh, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak agar sekolah harus aman dari bencana.

Pasalnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah menyatakan bahwa tembok roboh akibat banjir yang menerjang area sekolah, dan membuat satu siswa lainnya terluka.

Dari kasus tersebut, Komisioner KPAI, Retno Listyarti mengatakan, setiap sekolah wajib memiliki jalur evakuasi dan standar operasioinal prosedur (SOP) penanganan bencana.

"SOP itu wajib di latih atau dipraktekan ke warga sekolah agar saat bencana terjadi semua tertib diarahkan ke jalur evakuasi untuk penyelamatan," kata Retno, melalui keterangan tertulisnya, Jumat 7 Oktober 2022.

Pihaknya juga mendorong Dinas PPPA Provinsi DKI Jakarta untuk membantu asesmen psikologi pada korban selamat yang menyaksikan kawan-kawannya meninggal karena tertimpa tembok.

"Psikososial kepada pendidik dan peserta didik akibat musibah ini juga sangat diperlukan," kata Retno.

Selain itu, pihaknya juga mendorong Kementerian Agama untuk segera memperbaiki kondisi madrasah agar peserta didik dapat segera mengikuti PTM kembali dan kejadian serupa tidak lagi terulang.sinpo

Komentar: