Wagub DKI Tanggapi Protes JJ Rizal Soal Revitalisasi Halte TransJakarta

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 30 September 2022 | 13:45 WIB
Wagub DKI, Riza Patria/SinPo.id
Wagub DKI, Riza Patria/SinPo.id

SinPo.id -  Revitalisasi halte Bus Transjakarta (Tj) di Kawasan Bundaran HI menuai protes dari sejarawan JJ Rizal. Pasalnya pembangunan tersebut dianggap menutupi pandangan warga ke arah Patung Selamat Datang yang dianggap sebagai Objek Diduga Cagar Budaya (ODCG). 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan kembali terhadap pembangunan tersebut. 

"Jadi nanti kami cek kembali ya, jadi informasi dari JJ Rizal saya kira itu perlu menjadi perhatian, pertimbangan, tapi nanti kami akan cek kembali ya," ujar Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat 30 September 2022. 

Riza juga mengatakan, hal tersebut menjadi masukan bagi pihaknya. Menurutnya, semua pembangunan yang ada di Jakarta harus melalui proses yang sesuai aturan dan ketentuan yang ada. 

"Termasuk memperhatikan cagar budaya, tapi nanti akan kita cek kembali, thank you masukannya," ujarnya. 

Sebelumnya, Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghentikan revitalisasi halte Transjakarta di Tosari dan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, yang dianggap menutupi Patung Selamat Datang. 

"Pak gubernur @aniesbaswedan mohon stop pembangunan halte @PT_Transjakarta tosari-bundaran hi yg merusak pandangan ke patung selamat datang en Henk Ngantung fontein warisan presiden sukarno dgn gubernur Henk Ngantung sbg poros penanda perubahan ibukota kolonial ke ibukota nasional," cuitnya dari akun Twitter @JJrizal, dikutip Jumat 30 September 2022. 

Menurut JJ Rizal, Patung Selamat Datang dianggap penting karena merupakan simbol keramahan bangsa, semangat bersahabat melaksanakan ketertiban dunia berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. sinpo

Komentar: