Dewan Pers SinPo

Pemerintah Pastikan Konversi ke Kompor Induksi Tak Dilakukan Tahun Ini

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 24 September 2022 | 04:04 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/Instagram)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, program konversi kompor LPG 3 kilogram ke kompor listrik induksi tidak akan diberlakukan pada tahun 2022.

“Dapat saya sampaikan bahwa pemerintah belum memutuskan, sekali lagi pemerintah belum memutuskan terkait program konversi kompor LPG 3 kilogram menjadi kompor listrik induksi,” ujar Airlangga, Jumat, 23 September 2022.

Pemerintah, kata Airlangga, juga terus memantau dan menghargai masukan dari masyarakat termasuk juga memonitor pemberitaan di media. Pemerintah juga telah melihat langsung kondisi di lapangan terkait dengan konversi dari kompor LPG 3 kilogram menjadi kompor listrik induksi.

“Sampai saat ini pembahasan anggaran dengan DPR terkait dengan program tersebut belum dibicarakan dan tentunya belum disetujui,” katanya.

Program kompor listrik induksi saat ini masih merupakan uji coba atau prototipe. Ada sebanyak 2.000 unit dari rencana 300 ribu unit yang uji cobanya dilaksanakan di Bali dan di Solo, Jawa Tengah.

“Hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan,” ujarnya.

Namun dibalik itu semua, sambung Airlangga, pemerintah pasti akan memperhatikan kepentingan masyarakat dalam program konversi ini.

“Pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta menyosialisasikan kepada masyarakat sebelum program diberlakukan,” tandasnya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER