Dewan Pers SinPo

GOTO dan TOBA Pasok 2 Juta Motor Listrik, Iwan Sumule: Bukti Kebijakan yang Dibuat LBP Hanya untuk Cari Keuntungan Bisnis

Laporan: Sinpo
Rabu, 21 September 2022 | 06:54 WIB
Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule
Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule

SinPo.id - Kebijakan pengurangan emisi karbon di tengah naiknya bahan bakar minyak dimanfaatkan perusahaan platform digital kenamaan Indonesia bekerjasama dengan perusahaan milik Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk memasok jutaan motor listrik.

Rencana usaha itu akan direalisasi PT GOTO Gojek Tokopedia (Goto) dengan PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) Electrum yang akan memasok 2 juta unit motor listrik.

Hal itu menuai kritik keras dari Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule. Menurutnya, kerjasama dua perusahaan itu agak aneh, mengingat salah satunya dimiliki oleh pejabat pemerintah pusat yang duduk sebagai salah satu menteri Presiden Joko Widodo.

"Jika pejabat negara model LBP membuat kebijakan hanya untuk mencari keuntungan bisnis, rakyat tak akan pernah sejahtera," tegas Iwan Sumule, sebagaimana dilansir RMOL, Selasa, 20 September 2022.

Iwan Sumule menilai, seharusnya jutaan motor listrik yang akan dihadirkan ke Indonesia oleh dua perusahaan itu bukan barang impor, tetapi hasil produksi di Indonesia.

"Mestinya diproduksi sendiri agar menyerap tenaga kerja, sehingga bisnisnya pun bermanfaat bagi rakyat dan produktif," pungkas Iwan Sumule.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER