Jamin Kualitas Perikanan Indonesia, KKP Bekerjasama dengan FDA

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 20 September 2022 | 08:43 WIB
Ilustrasi perikanan Indonesia (SinPo.id/Reuters)
Ilustrasi perikanan Indonesia (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Agar lolos persyaratan keamanan pangan di AS, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk menjaga kualitas perikanan yang diekspor dengan menggandeng Food and Drug Association (FDA).

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari, mengatakan peluang pasar di Amerika serikat masih sangat terbuka untuk hasil perikanan Indonesia.

"Indonesia juga terus berusaha memenuhi persyaratan pasar. Terlebih tren konsumen perdagangan hasil perikanan global saat ini lebih mementingkan aspek mutu dan keamanan pangan," kata Pamuji, Senin 19 September 2022.

Selain itu, perkembangan metode uji terhadap foodborne disease saat ini telah berkembang pesat, karena adanya tuntutan keakuratan hasil uji, kecepatan identifikasi serta traceability.

Oleh sebab itu, Indonesia terus membangun sistem jaminan mutu dan keamanan pangan untuk membangun jaringan internasional, karena hingga saat ini, produk perikanan Indonesia telah diterima di 171 negara didunia.

"Sebagai negara anggota World Trade Organization (WTO), Indonesia pun memastikan memegang teguh standar internasional dalam keamanan pangan hasil perikanan yang diekspor," paparnya.

Sementara itu, Indonesia juga telah bahu-membahu untuk meyukseskan program Indonesia Marine and Climate Support atau IMACS USAID Indonesia, yang diselenggarakan di beberapa titik rantai pasok ekspor perikanan ke Amerika Serikat.

"Program ini merupakan penyadartahuan bagi pelaku usaha perikanan skala kecil di hulu tentang penanganan ikan yang baik dalam mencegah kontaminasi patogen yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat," tandasnya.sinpo

Komentar: