Rizal Ramli Kesal Ada Pejabat Sebut Subsidi Pertalite Bakar Uang, Terus Utang Jor-joran dengan Bunga Tinggi Apa Dong?

Laporan: Tri Bowo Santoso
Senin, 19 September 2022 | 14:39 WIB
Tokoh nasional, DR. Rizal Ramli. Foto: Dok. Pribadi
Tokoh nasional, DR. Rizal Ramli. Foto: Dok. Pribadi

SinPo.id - Tokoh nasional Dr. Rizal Ramli (RR) mengaku terganggu dan kesal saat membaca pejabat dan ahli abal-abal berargumentasi bahwa subsidi pertalite bagaikan bakar uang.

“Mohon maaf mayoritas yang pakai pertalite itu 120 juta pengendara sepeda motor, yang menggunakan motornya untuk bekerja serta antar istri dan anak. Rata-rata 240 juta orang naik motor, itulah golongan menengah bawah. Bukan orang kaya, bukan bakar-bakar BBM seperti pemilik motor moge. Sisanya 35 juta orang barulah lumayan, menengah atas yang pakai pertamax dan solar,” kata Rizal Ramli, Senin, 19 September 2022.

Menurut mantan anggota Tim Panel Ekonomi PBB bersama peraih Nobel itu, pembakar uang paling besar itu pejabat yang ngutang jor-joran dengan bunga ketinggian (yield 2% diatas negara-negara yang ratingnya lebih rendah dari Indonesia). Sehingga tahun depan, Indonesia harus bayar bunga utang saja Rp 441 trilliun dengan cara berhutang lagi.

“Pemerintah Jokowi sudah terikat pinjol. Itu yang harus dikurangi, dengan negosiasi utang, bukan bikin susah 240 juta rakyat Indonesia! Ngerti!” tandas Menko Ekuin era Pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

 sinpo

Komentar: