Polisi Pastikan Hasil DNA Jasad Terbakar di Semarang Identik dengan PNS Pemkot yang Hilang

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 15 September 2022 | 01:29 WIB
Motor milik Paulus Iwan Boedi Prastjo terbakar. Foto: Istimewa
Motor milik Paulus Iwan Boedi Prastjo terbakar. Foto: Istimewa

SinPo.id - Polisi memastikan hasil pemeriksaan DNA jasad yang ditemukan terbakar di kawasan Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu identik dengan sosok Iwan Budi Paulus, PNS pemerintah kota setempat yang dilaporkan hilang beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Iqbal Alqudusy, mengatakan, kerangka jasad yang ditemukan di kawasan Marina tersebut telah dicocokkan dengan sampel yang diambil dari kedua anak Iwan Budi lewat pemeriksaan di Pusat Laboratorium Forensik Polri.

"Hasilnya identik, sehingga 100 persen jasad tersebut merupakan saudara Iwan Budi," ungkap Iqbal di Semarang, Rabu, 14 September 2022.

Sampel DNA yang diperiksa meliputi tulang yang diambil dari jasad yang terbakar dicocokkan dengan sampel darah kedua anak Iwan Budi. Adapun terkait dengan penyebab kematiannya, kata dia, masih harus menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 8 September 2022.

Bersama dengan jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Budi tersebut ditemukan pula komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik Iwan Budi Paulus.

Iwan Budi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi pengalihan aset.

Dalam olah TKP lanjutan, polisi telah menemukan tulang tangan kiri yang ditemukan tidak jauh dari titik pembakaran jasad Iwan Budi.

 sinpo

Komentar: