Anies Klaim Rumah DP Rp0 Tingkat Keterisiannya 'Ngalahin' Apartemen

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 08 September 2022 | 17:08 WIB
Rumah DP Rp0/SinPo.id
Rumah DP Rp0/SinPo.id

SinPo.id -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut program Jakhabitat Hunian DP Rp0 unik. Pasalnya tingkat keterisian hunian tersebut cukup tinggi yakni, 95 persen melebihi tingkat keterisian apartemen. 

"Pemerintah intervensi untuk berikan dukungan berupa down payment (DP). ini sebuah keunikan, kalau kita perhatikan angka huniannya saya cek sekitar 95 persen," kata Anies di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 8 September 2022. 

Menurut Anies, angka tersebut terbilang tinggi dan mengungguli tingkat keterisian dari apartemen atau rumah komersial lainnya yang hanya sekitar 70 persen. 

"Keterisian program DP Nol, ini lebih tinggi daripada pasar, karena pasar apartemen keterisiannya baru 70 persen, jadi DP Nol itu 95 persen, yang bikin apartemen rumah biasa itu baru 70 persen," ucapnya. 

Jadi sambung Anies, artinya, Hunian tersebut memang memiliki demand yang tinggi. Ia berharap program tersebut dapat terus berkelanjutan dengan target 3 ribu unit pada tahun 2024. 

"Dan kalau lihat data, lebih dari 55 ribu yang mendaftar untuk ikut program DP Nol. Jadi DP Nol ini sebuah skema yan menarik bagi swasta, workable, sekarang ada 700 sedang antre, pembangunan 700 unit dan insya Allah tuntas 2024," terangnya. 

"Jadi nantinya minimal kita punya lebih dari 3 ribu unit DP Nol Rupiah. Mudah- mudahan nanti bisa eskalasi," sambungnya. 

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan 1.348 unit hunian dengan down payment (DP) Rp 0 di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dan Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Kamis 8 September 2022.

"Izinkan saya sampaikan rukun pembukaan, dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, pada hari ini, Kamis, 8 September 2022, (sebanyak) 1.348 unit Jakhabitat hunian DP Rp 0 dinyatakan digunakan," kata Anies di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis 8 September 2022. sinpo

Komentar: