DPRD Sebut Anies Bangun Dinasti Politik di Penghujung Masa Jabatannya

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 03 September 2022 | 18:54 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Foto: Istimewa
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Foto: Istimewa

SinPo.id - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti pergantian sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Eselon II dan BUMD DKI oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di akhir masa jabatannya. 

Menurut Pras sapaan akrabnya, diakhir masa jabatan sebagai Gubernur, Anies semestinya fokus dalam menuntaskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan bukan malah sibuk mengganti pimpinan di SKPD dan BUMD.

"Etikanya, saat mau akhir masa jabatan memudahkan kerja penerusnya. Bukan membebani dengan menempatkan orang-orangnya," kata Pras dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu, 3 September 2022.

Pras menyoroti pergantian sejumlah jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) strategis yang belum lama ini diganti dirutnya. Seperti Perumda Pasar Jaya, PT MRT Jakarta Perseroda dan PT Pembangunan Jaya Ancol. 

"Padahal BUMD-BUMD itu sedang lari kencang-kencangnya, kayak MRT, ini kan lagi ngebut menyelesaikan pembangunan fase II. MRT itu program nasional bukan provinsi lho," kata Pras. 

Selain itu, Pras juga menyoroti pergantian pada tiga pejabat eselon II. Yang masing-masing diantaranya, Mawardi menjabat sebagai Asisten Deputi Kebudayaan, Atika Nurahmania sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Nasrudin Djoko sebagai Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Pras menilai, Anies menaruh orang-orang kepercayaannya dalam perombakan sejumlah pimpinan di SKPD dan BUMD DKI di penghujung masa jabatannya. 

"Makanya, ada apa? kan masa jabatannya sebentar lagi akan habis. Kok malah bangun dinasti," ujarnya.

 sinpo

Komentar: