PAN Bakal Kembali Saring Sembilan Nama Capres yang Telah Diajukan

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:50 WIB
Sekjen PAN, Edy Soeparno (SinPo.id/Sigit)
Sekjen PAN, Edy Soeparno (SinPo.id/Sigit)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Edy Soeparno mengatakan, bahwa partainya dalam waktu dekat akan menyaring kembali dari sembilan nama yang muncul di Rakernas kemarin.

"Kita nanti akan melaksanakan karena hasil-hasil rekomendasi Rakernas sedang kita rangkum hari ini, Rapimnas kita agenda kan mudah-mudahan dalam waktu yang dekat," ujar Edy di Jakarta Selatan, Rabu 31 Agustus 2022.

Menurut Edy, selain nama-nama bakal Capres, forum itu juga merekomendasikan Ketua Umum Zulkifli Hasan atau Zulhas mengambil keputusan terkait arah partainya.

"Karena salah satu rekomendasi Rakernas adalah memberikan mandat kepada Ketua Umum untuk menentukan. Ketum akan memanggil kita dalam sebuah forum yang namanya Rapimnas untuk menentukan hal tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut, Edy menyampaikan, jika kemungkinan akhir tahun 2022 PAN sudah siap mengumumkan hasil penyaringan sembilan nama Capres yang diusulkan oleh internal partainya.

"Bisa saja bisa September bisa November ya pokoknya kita usahakan secepat mungkin. Nanti ada beberapa nama itu, nama-nama yang akan kita komunikasikan dan kita tentukan di KIB," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan nama calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, ada sembilan nama yang menjadi pertimbangan PAN di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan pria yang biasa disapa Zulhas pada acara puncak Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022. Tiga nama teratas tentunya ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Pertama Ketum PAN Zulkifli Hasan, kedua Ketum Golkar pak Airlangga diusulkan beberapa DPW, ketiga Ketum PPP Suharso Monoarfa. Itu ketiganya dari KIB," jelas Zulhas.

Selain ketiga nama tadi, kata Zulhas, ada DPW yang mendukung PAN untuk mengusung Menteri BUMN, Erick Thohir. Lalu juga nama ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

Kemudian ada DPW PAN yang mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemudian ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.sinpo

Komentar: