Penurunan Kemiskinan Menjadi Agenda Utama Pemerintah

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:54 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: SinPo.id/Galuh
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: SinPo.id/Galuh

SinPo.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, penurunan kemiskinan dan rasio gini selalu menjadi agenda utama di dalam penyusunan kebijakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Pasalnya, pandemi covid-19 telah berdampak pada melebarnya ketimpangan yang ditunjukkan dengan meningkatnya angka rasio gini pada September 2020, namun mulai mengalami penurunan di tahun 2021.

"Berkat kerja keras kita semua dalam merespon dengan kebijakan yang cepat dan tepat, maka pada September 2021 ketimpangan pendapatan di Indonesia mulai membaik lagi," kata Sri Mulyani, saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 23 Agustus 2022.

Selain itu, terdapat tren positif pergerakan inflasi yang menunjukkan bahwa terdapat sinyal perbaikan permintaan seiring dengan proses pemulihan ekonomi nasional yang mulai kembali berjalan setelah varian Delta menghantam Indonesia.

"Namun tingkat permintaan masyarakat setelah sesudah terhantam sangat dalam pada tahun 2020, masih dalam proses awal pemulihan," ungkapnya.

Meski demikian, kata Sri Mulyani, peningkatan harga komoditas Global yang mulai terjadi pada tahun 2021 ditransmisikan secara terbatas pada harga-harga domestik yang diatur pemerintah.

 sinpo

Komentar: