Warga Ceko Kirim Uang Rp1,19 Juta Untuk Ukraina

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 22 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi Koruna/pixabay
Ilustrasi Koruna/pixabay

SinPo.id -  Sejumlah warga Ceko mengirim uang sebanyak 1.968 koruna (Rp1,19 juta) ke Ukraina untuk membantu negara itu mempertahankan diri dari Rusia dan untuk mengenang invasi Soviet ke Cekoslovakia pada 1968 pada Minggu, 21 Agustus 2022.

Invasi Rusia di Ukraina sejak 24 Februari telah menewaskan ribuan orang, hingga memaksa jutaan lainnya mengungsi, dan menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar.

Dikutip dari Reuters, para warga Ceko itu menggunakan kode pembayaran khusus untuk menyumbang 1.968 koruna per orang ke rekening pengumpulan dana milik kedutaan Ukraina di Republik Ceko.

"Bahkan di akhir pekan, puluhan pengiriman uang senilai 1.968 koruna masuk ke rekening kami, terima kasih banyak, teman-teman Ceko!" kata kedutaan di Twitter.

Pada 21 Agustus 1968, tentara Uni Soviet dan sekutunya melintasi perbatasan ke Cekoslovakia, sesama anggota blok timur, untuk menumpas gerakan reformasi "Musim Semi Praha" yang dimulai pada awal tahun itu.

Tentara membunuh puluhan warga sipil dan menduduki Cekoslovakia sehingga memaksa puluhan ribu orang keluar dari negara itu.

Pasukan itu akhirnya pergi setelah kekuasaan Komunis runtuh pada 1989.sinpo

Komentar: