Kapal Kargo Gandum Pertama Ukraina Tiba di Turki

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Agustus 2022 | 12:09 WIB
Kapal kargo gandum Ukraina/RFERL
Kapal kargo gandum Ukraina/RFERL

SinPo.id -  Kapal Kargo Ukraina pertama yang membawa gandum dan biji-bijian, telah berlabuh di Turki setelah berangkat dari pelabuhan Chornomorsk di Odesa pekan lalu.

Menteri Infrastruktur, Oleksandr Kubrakov, mengatakan bahwa kapal tiba di pelabuhan Derince, Turki, sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Setelah diperiksa oleh Pusat Koordinasi Gabungan (JCC) di Istanbul.

"Pengiriman pertama telah berhasil, dan ini merupakan implementasi dari kesepakatan ekspor gandum dan biji-bijian, membuat kami optimis untuk pengiriman berikutnya," kata Kubrakov, seperti dilansir dari VoA, Selasa 9 Agustus 2022.

Namun pengiriman biji-bijian menuju Lebanon dilaporkan tertunda, setelah pembeli asli menolak pengiriman, dengan alasan keterlambatan pengiriman selama lima bulan.

"Pengiriman tertunda karena harus mencari penerima lain. Salah satunya di Lebanon atau di negara lain," kata Kedutaan Ukraina di Lebanon.

Seperti diketahui, delapan kapal telah meninggalkan pelabuhan Ukraina, setelah Rusia sepakat untuk tidak menyerang pelabuhan di Laut Hitam sebagai langkah untuk mengatasi krisis pangan dunia.

Pasalnya, Ukraina merupakan salah satu pengekspor biji-bijian terbesar di dunia. Oleh sebab itu, diharapkan antara tiga sampai lima kapal dapat berangkat setiap dua minggu sekali untuk mengirim gandum atau biji-bijian ke sejumlah negara.sinpo

Komentar: