Baim Wong Akhirnya Batal Daftarkan Citayam Fashion Week Ke DJKI

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 26 Juli 2022 | 08:29 WIB
Baim Wong/Instagram: @baimwong
Baim Wong/Instagram: @baimwong

SinPo.id -  Selebriti Baim Wong menuai pro dan kontra lantaran mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Inteletktual (DJKI), Kementrian Hukum dan HAM.

Batalnya niat Baim Wong menjadikan CFW sebagai Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI, lantaran banyak pihak yang pro dan kontra atas niat suami Paula Verhoven tersebut.

Lewat channel YouTubenya Baim Wong memutuskan untuk melepas CFW.

Ia pun menjelaskan awal mula dirinya berpikir untuk mendaftarkan CFW sebagai HAKI, dimana Baim menegaskan tidak ada niat sama sekali untuk mencari untung dari upaya tersebut.

"Ketika adanya ide ini pas Paula di sana, idenya sebenarnya bukan HAKI idenya itu kita adain suatu pagelaran, kompetisi supaya fashion week ini ada dan nggak cuma gini aja," jelas Baim Wong di channel Youtube Baim Paula yang dilihat pada Selasa, 26 Juli 2022.

Saat itu, Baim Wong langsung mencari pemegang HAKI dari CFW. Ia berencana untuk meminta izin memakai nama CFW untuk pagelaran yang dia rencanakan.

"Kalau saya tipikal yang mau ambil gitu saja hak orang, itu nggak. Saya tanya dulu sama Bonge, baru habis itu saya tanya ke HAKI. Sebelum saya membuat kompetisi dan pagelaran besar karena kalau HAKI itu ada saya mau minta izin. Sesimple itu, boleh nggak," tuturnya.

"HAKI itu belum ada yang punya, kita bikin saja HAKI-nya sesimple itu. Bukan kita ambisius mengambil Citayam Fashion Week, awalnya dari situ," sambung Baim Wong.

Baim Wong juga sudah bicara langsung kepada empat bocah Bojong Gede yang viral, yakni Bonge, Roy, Kurma dan menjelaskan dirinya membuat acara ini untuk mereka.

"Cuma saya bilang, ketika kalian masuk ke sini juga sebenarnya Citayam Fashion Week itu juga membantu kalian. Cuma takutnya ada kesenjangan dengan yang lain. Gimana kalau dari sini ada hasil karena kan ini pakai uang saya dulu, saya bilang kita buat bangun Citayam," tutur Baim Wong.

"Saya agak kenanya ketika berita ini ada, walau mereka belum bertanya ke saya dengan opini masing-masing. Saya lumayan agak sedih juga dalam hati padahal kita niatnya nggak ke situ, ambil hak orang. Kita mau kasih sumbangsih ini ke Citayam, tapi akhirnya malah jadi seperti ini, saya pun jadi ngerasa ternyata jadi begini ya," akunya.

Baim Wong sadar dan meminta maaf harusnya sejak awal dia mengerti bahwa CFW sebagai domain public. Seperti Harajuku di Jepang yang juga tidak ada hak cipta dan merupakan domain public.sinpo

Komentar: