Masih Bingung Dapatkan QR Code MyPertamina untuk Beli Pertalite? Cekidot Ulasannya

Laporan: Tri Bowo Santoso
Senin, 25 Juli 2022 | 21:17 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id - Wacana pemerintah memberlakukan penggunaan QR Code MyPertamina untuk beli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar sempat membuat bingung masyarakat. Pasalnya, tak semua konsumen paham terhadap teknologi. 

Padahal, aplikasi itu telah ada sejak 2017 ini, dan kini telah aktif digunakan di beberapa daerah. Hingga Selasa, 12 Juli 2022 terdapat lebih dari 50.000 kendaraan yang sudah terdaftar di MyPertamina dengan jumlah pengguna (user) mencapai 5 juta.

Pembelian BBM berupa Pertalite dan Solar dapat menggunakan aplikasi MyPertamina ini yang bisa diunduh di PlayStore atau juga tanpa aplikasinya. Sebelum melakukan transaksi pengisian BBM, para customer harus memiliki QR Code.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan QR Code MyPertamina untuk Beli Pertalite? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

Cara Mendapatkan QR Code MyPertamina untuk Beli Pertalite

Perlu diketahui, QR Code ini hanya ada satu untuk setiap akun yang terdaftar di MyPertamina dan digunakan untuk setiap transaksi. Code QR MyPertamina ini dapat digunakan bagi customer yang tak dapat mengunduh aplikasi lantaran berbagai hal.

Tapi, para customer harus mendaftarkan terlebih dahulu. Cara mendaftar dan mendapatkan Code QR cukup mudah, sebagai berikut.

- Terlebih dahulu, siapkan dokumen seperti KTP, STNK, foto kendaraan tampak samping, tampak roda, tampak nomor polisi dan NPWP.

- Selanjutnya, kunjungi situs My Pertamina melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/
- Setelah itu, centang informasi "memahami persyaratan".

- Jika belum memiliki akun, silahkan pilih tombol "Daftar Sekarang".

- Lalu, isi data diri yang diminta sesuai dengan kolom yang tersedia. Dan lengkapi biodata dengan memasukkan Nama Lengkap, Foto KTP, Foto Diri, dan lainnya.

- Jika sudah, tunggu pencocokan data maksimal hingga tujuh hari kerja.

- Jika proses telah disetujui, kamu akan menerima balasan di email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Atau, dapat mengecek status pendaftaran di website secara berkala.

- Jika sudah terkonfirmasi, kamu sudah bisa mengunduh kode QR dan menyimpannya untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Begitulah cara mendapatkan QR Code MyPertamina untuk beli Pertalite dengan mudah dan cepat. Ingat, Anda harus lakukan pengisian data dan pengambilan foto dengan tepat agar tidak proses validasi berlangsung cepat.

 sinpo

Komentar: