Moeldoko: KKB Serang Warga Sipil Sebanyak 226 Kali Sejak 2020-2022, 22 Orang Tewas

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 21 Juli 2022 | 22:08 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Jendral Purnawirawan Moeldoko. Foto: Istimewa
Kepala Staf Kepresidenan, Jendral Purnawirawan Moeldoko. Foto: Istimewa

SinPo.id - Pemerintah mengungkap, kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah melakukan penyerangan terhadap warga sipil sebanyak 226 kali sejak tahun 2020 sampai dengan 2022. 

"Dan pada tanggal 20 Juli terjadi lagi pembunuhan terhadap masyarakat sipil di tempat yang berbeda, pelakunya adalah kelompok kriminal bersenjata yang telah melampaui tindakan kejam berulang kali di Papua, dengan target membabi buta," kata Kepala Staf Kepresidenan, Jendral Purnawirawan Moeldoko di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Juli 2022.

Moeldoko menyebut, serangan yang dilakukan KKB, yakni, pembakaran gedung pemerintahan, fasilitas kesehatan, dan juga sarana dan prasarana pendidikan yang ada di Papua.

"Sebagainya khusus pada tahun 2022 sejak April-Juli telah melakukan kejahatan sebanyak 18 kali dengan korban meninggal 22 orang," ungkap Moeldoko.

Moeldoko menambahkan, KKB juga telah melakukan pembunuhan pada karyawan BUMN yang berada di Papua sebanyak 18 orang dengan cara pemenggalan.

"Pemerintah akan melakukan tindakan tegas KKB melalui penegakan hukum tindakan tegas hanya dilakukan oleh KKB bukan ke yang lain," tegas mantan Panglima TNI ini.

Penegasan tersebut dianggap perlu, karena itu masyarakat diminta jangan keliru dengan tindakan yang akan diambil oleh pemerintah

 sinpo

Komentar: