Menteri Zulhas Minta Waktu Sebulan Stabilkan Harga Pangan, Dasco: Evaluasi Bisa Berjalan Paralel

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 21 Juni 2022 | 13:09 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ( Yoga Agusta/SinPo.id)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ( Yoga Agusta/SinPo.id)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru Zulkifli Hasan atau Zulhas segera mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan. Dasco memaklumi permintaan waktu sebulan Zulhas untuk mengevaluasi kenaikan harga pangan di tanah air. Namun, ia menegaskan evaluasi tersebut dapat berjalan sambil penyesuaian Zulhas sebagai Mendag baru.

"Kita minta sambil berjalan sambil dievaluasi sambil penyesuaian, Pak Zulhas selaku Mendag perlu mencari formula bagaimana kemudian menstabilkan harga-harga pangan," ujar Sufmi Dasco kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/6).

Menurut Dasco, evaluasi terhadap kinerja Zulhas sebagai menteri baru juga akan dilakukan. sedangkan DPR memaklumi Zulhas yang baru dilantik sebagai Mendag untuk menyesuaikan diri.

"Tetapi juga kemudian tuntutan masyarakat yang meminta harga-harga barang dapat segera stabil itu juga realistis," kata Dasco menjelaskan.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu meminta Zulhas cepat menyesuaikan diri di tengah upaya menstabilkan harga kebutuhan sambil dievaluasi dan mencari solusi yang berjalan parallel.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta waktu satu bulan agar harga minyak goreng merata di seluruh daerah.

"Saya tadi menanyakan ke Pak Menko Marinves, nanya juga pagi tadi kepada Pak Mendag yang baru, (keduanya) masih minta waktu dua minggu sampai satu bulan agar merata," kata Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (20/6) kemarin.

Presiden meminta agar harga minyak goreng di tanah air bisa dijangkau semua masyarakat. "Saya kira secepatnya memang harus kita usahakan harga itu bisa tercapai agar terjangkau oleh masyarakat bawah," katanya.

 sinpo

Komentar: