Bertemu Delegasi India, Menlu Retno Bahas Penghinaan Nabi Muhammad

Laporan: Sinpo
Jumat, 17 Juni 2022 | 21:09 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, membahas isu penghinaan terhadap Nabi Muhammad oleh politikus India saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri India, Jaishankar, Jumat (17/6).

Keduanya bertemu dalam acara 'Special ASEAN-India Foreign Ministers Meeting' di New Delhi, India.

"Pertama, saya sampaikan secara khusus kepada Menlu India mengenai keprihatinan dan kecaman terhadap pernyataan dua politisi partai BJP [Bharatiya Janata] yang menghina Nabi Muhammad," kata Retno dalam rilisnya.

"Sebagai tanggapan, Menlu India sampaikan bahwa pernyataan dua politisi tersebut tidak mencerminkan posisi partai BJP, dan sama sekali juga tidak mencerminkan posisi pemerintah," lanjutnya.

Retno juga mengungkapkan Jaishankar memberitahukan bahwa kedua politisi itu telah diberhentikan dari jabatan mereka, pun telah dinonaktifkan dari partai.

Tak hanya itu, Menlu India menekankan bahwa partai BJP menghormati semua agama dan menentang keras penistaan terhadap agama.

"BJP juga menentang dengan keras ideologi yang menghina atau merendahkan agama tertentu," kata Retno lagi.

Selain itu, Retno menekankan bahwa Indonesia menyampaikan pesan agar ASEAN dan India terus mengembangkan "budaya toleransi dan saling menghormati."

Beberapa waktu lalu, dunia dihebohkan dengan pernyataan penghinaan Nabi Muhammad yang dilontarkan dua politikus India, Nupur Sharma dan Naveen Jindal, dikutip dari CNN.

Imbas masalah itu, Sharma diskors dari posisinya sebagai juru bicara partai BJP, sementara Jindal dipecat dari partai.sinpo

Komentar: