Reshuffle Kabinet 15 Juni, PAN: Bang Zul Diberikan Presiden Amanah Sebagai Menteri

Laporan: Ari Harahap
Rabu, 15 Juni 2022 | 11:56 WIB
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan/net
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan/net

SinPo.id - Ketua DPP PAN Bima Arya memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengangkat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai menteri di dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. 

Wacana reshuffle atau perombakan ulang kabinet kembali mencuat ke publik belakangan ini. Kabarnya, reshuffle tersebut akan dilakukan pada hari ini, Rabu (15/6).

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri di Istana Kepresidenan, pukul 13.30 WIB.

"Insya Allah Bang Zul (Zulkifli Hasan) diberikan Presiden amanah sebagai menteri," kata Bima kepada wartawan.

Namun, Walikota Bogor itu masih enggan mengungkapkan lebih lanjut soal posisi yang akan diisi oleh orang nomor satu di PAN itu dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Insya Allah ketua umum kami diberi kepercayaan oleh Presiden memenuhi tugas negara. Mengenai posisi, kita tunggu saja nanti siang ya," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memanggil Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa petang, 14 Juni 2022, di tengah isu perombakan atau reshuffle kabinet.

Belum diketahui ada tidaknya Politikus PAN lain yang turut dipanggil Presiden ke Istana pada hari ini. Namun, selain Politikus PAN tersebut, Presiden sebelumnya juga memanggil mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Presiden juga memanggil sejumlah menteri kabinet ke Istana, antara lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.sinpo

Komentar: