Rakernas NasDem Agendakan Penjaringan Usulan Calon Presiden

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 Juni 2022 | 23:50 WIB
Ilustrasi, pixabay.com
Ilustrasi, pixabay.com

SinPo.id -  Rakernas NasDem yang digelar pada pada 15 hingga 17 Juni 2022 besok mengagendakan penjaringan usulan calon presiden Pemilu 2024. Agenda Raker juga mengkonsolidasikan persiapan menghadapi pemilihan umum legislatif, presiden, dan kepala daerah.

“Secara khusus terkait dengan sirkulasi kepemimpinan nasional maka dalam Rakernas NasDem nanti dewan pimpinan wilayah di tingkat provinsi Nasdem di 34 provinsi akan mengusulkan masing-masing minimal tiga calon presiden, maksimal lima calon presiden kepada DPP,” kata Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny Plate, Selasa, (14/6) malam.

Menurut Johnny, setelah menerima usulan, steering comittee DPP akan melakukan seleksi dan menyampaikan minimal tiga dan maksimal empat  calon kepada ketua umum NasDem Surya Paloh.

“Pak Surya Paloh yang nanti akan melakukan komunikasi politik dengan partai-partai Koalisi dan menentukan satu calon presiden,” kata Johnny menambahkan.

Tercatat Rakernas Partai NasDem juga akan dihadiri Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad. Presiden Jokowi tidak diundang mengingat acara tersebut bersifat internal.

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menyebut, Mahathir akan datang saat penutupan Rakernas pada tanggal 17 Juni 2022.

 “Ya, Pak Mahathir Mohammad datang sebagai sahabat Ketua Umum Surya,” kata Ahmad Ali kepada wartawan, kemarin.

Ali menyebut, Mahathir hadir secara pribadi. Hubungan Mahathir dan Paloh, lanjut Ali, sudah terjalin sangat lama. Tak hanya itu, Mahathir juga ingin melihat situasi demokrasi di Indonesia lewat Partai NasDem.

“Pak Mahathir ingin melihat secara langsung bagaimana proses demokrasi yang terjadi di Indonesia lewat Partai NasDem,” beber Ali.sinpo

Komentar: