Ridwan Kamil Bakal Jadi Imam Salat Jenazah Eril

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 12 Juni 2022 | 14:10 WIB
Ridwan Kamil bersama Emmeril Khan Mumtadz/net
Ridwan Kamil bersama Emmeril Khan Mumtadz/net

SinPo.id -  Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, mengatakan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi imam dalam
salat jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

"Setibanya di Bandung nanti yang akan dilakukan pertama adalah Ridwan Kamil akan memimpin keluarga besar untuk menyalatkan jenazah almarhum Eril," ujar Erwin dalam keterangan pers yang disampaikan di Terminal Kargo Jenazah, Bandara Soetta, Minggu (12/6).


Sementara itu, saat ini keluarga beserta rombongan sudah berangkat dari Doha, Qatar. Jenazah dan rombongan akan tiba sekitar pukul 15.45 WIB.

"Mengenai ketibaan rombongan, rombongan saat ini sudah berangkat dari Doha perkiraan waktu ketibaan pukul 15.45 WIB. Setibanya di Tanah Air, rombongan dan jenazah akan dibawa ke kargo jenazah sini," kata Erwin

"Sebagaimana juga setiap WNI yang wafat di luar negeri dan rombongan berada di sini untuk juga memproses keseluruhan prosedur dan administrasi untuk jenazah WNI yang datang dari luar negeri," kata Erwin.

Seusai proses administrasi selesai, jenazah Eril akan langsung dibawa ke Gedung Pakuan Bandung. Setibanya di sana, jenazah Eril akan disalatkan oleh keluarga besar. Ridwan Kamil yang akan memimpin salat jenazah.

"Setelah proses ini dilaksanakan kami akan secepatnya bertolak ke Bandung menuju kediaman resmi Ridwan Kamil di Gedung Pakuan," kata dia.

Usai sesi salat jenazah keluarga besar, warga dipersilakan datang untuk takziah. Pihak keluarga memberikan kesempatan untuk publik menyalatkan dan mendoakan almarhum Eril mulai pukul 23.00 WIB hingga keesokan hari pukul 08.00 WIB.

"Selesai salat jenazah bersama keluarga besar, maka warga, publik, yang ingin juga menyalatkan atau mendoakan akan diberikan kesempatan di Gedung Pakuan mulai pukul 23.00 WIB hingga 08.00 WIB pagi," ujarnya.

Erwin menyebut jenazah Eril dibawa ke pemakaman di wilayah Cimaung Senin (12/6) pukul 09.00 WIB. Proses pemakaman akan dilakukan pukul 11.00 WIB.

"Karena sekitar pukul 09.00 WIB pagi rombongan dan jenazah akan bertolak ke pemakaman Cimaung di lahan keluarga besar. Prosesi pemakaman ini nanti memang akan ada pengaturan sehingga keluarga dan warga yang akan hadir sudah dapat hadir pukul 10.00 WIB," kata Erwin.

"Acara prosesi pemakaman dapat dilakukan pukul 11.00 WIB. Setelah prosesi pemakaman selesai, akses akan dibuka untuk warga lainnya yang akan mendoakan," kata Erwin.
sinpo

Komentar: