Dewan Pers SinPo

Partai Buruh Menang Pemilu, Anthony Albanese Akan Jadi PM Australia

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 22 Mei 2022 | 05:24 WIB
Anthony Albanese/Net
Anthony Albanese/Net

SinPo.id - Partai Buruh mengungguli Partai Liberal di Pemilu Australia yang digelar pada Sabtu (21/5). Pimpinan Partai Buruh Australia Anthony Albanese bakal menggantikan Scott Morrison sebagai Perdana Menteri (PM) Australia yang baru.

"Ini adalah kehormatan yang luar biasa. Saya katakan kepada sesama warga Australia, terima kasih atas kehormatan yang luar biasa ini," kata Albanese seperti dikutip dari ABC, Sabtu (21/5).

"Malam ini rakyat Australia telah memilih perubahan. Saya merasa rendah hati dengan kemenangan ini dan saya merasa terhormat diberi kesempatan untuk menjabat sebagai Perdana Menteri Australia ke-31," lanjutnya.

Berdasarkan hasil sementara Pemilu Australia yang dipublikasikan ABC sampai pukul 21.00 WIB, total suara yang masuk mencapai 58,1 persen.

Partai Buruh memperoleh 72 kursi di pemerintahan. Jumlahnya paling mendekati dari batas minimal 76 kursi untuk menjadi mayoritas di pemerintahan.

Sementara Koalisi Partai Liberal yang mengusung Scott Morrison menggenggam 55 kursi dan Partai Hijau 2 kursi.

Kendati begitu, jumlah pemilih Koalisi Partai Liberal mencapai 3,43 juta atau setara 35,4 persen dari total suara yang masuk. Sedangkan Partai Buruh sebanyak 3,11 juta atau 32,1 persen.

Sisanya, Partai Hijau 1,19 juta atau 12,3 persen, Partai One Nation 489 ribu atau 5,1 persen, dan Partai United Australia 420 ribu atau 4,3 persen.

Hasil perolehan sementara ini yang menempatkan Partai Buruh memimpin merupakan sejarah baru dalam satu dekade terakhir.

Sebab, sebelumnya pemerintahan Australia dipimpin oleh Koalisi Partai Liberal. Scott Morrison sendiri sudah menduduki kursi perdana menteri sejak 2018.

Namun belum jelas, apakah Partai Buruh akan berkoaliasi dengan partai-partai kecil dan kelompok indenpenden atau tidak ke depansinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER
06
10