WHO Sahkan Vaksin Covid-19 Sekali Suntik Buatan China

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 19 Mei 2022 | 21:43 WIB
Ilustrasi Vaksin/Net
Ilustrasi Vaksin/Net

SinPo.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan izin darurat untuk penggunaan vaksin Covid-19 buatan CanSinoBIO asal China yang dinamakan Convidecia, Kamis (19/5).

Vaksin Convidecia hanya memerlukan satu kali suntik dosis seperti vaksin Johnson & Johnson buatan perusahaan asal Amerika Serikat.

"Vaksin ini memenuhi standar WHO terkait perlindungan terhadap Covid-19 dan keuntungan dari vaksin lebih besar dari risikonya," demikian bunyi pernyataan WHO.

WHO menuturkan, vaksin ini diketahui memiliki tingkat efikasi sebesar 64 persen melawan gejala infeksi virus corona dan 92 persen kemanjuran melawan gejala berat 
Pihak WHO merekomendasikan vaksin ini untuk digunakan masyarakat 18 tahun ke atas.

Sejauh ini, vaksin Convidecia telah digunakan di China, Argentina, Chile, Malaysia, Meksiko, dan Pakistan.

Vaksin tersebut dibuat oleh perusahaan yang berbasis di Tianjin, CanSinoBIO, dan menjadi vaksin ketiga asal China yang mendapatkan izin dari WHO, setelah Sinovac dan Sinopharm.

Sebagaimana diberitakan AFP, persetujuan akan vaksin Convidecia diberikan kala China tengah berhadapan dengan wabah varian Omicron yang meluas.

Sejah ini, WHO sendiri telah memberikan izin penggunaan terhadap total sembilan vaksin COvid-19, yakni Pfizer, AstraZeneca, Janssen, Moderna, Sinovac, Sinopharm, Bharat, Novavax, dan Convidecia.sinpo

Komentar: