Lin Che Wei Trending Twitter Usai Ditetapkan Kejagung Sebagai Tersangka Korupsi Minyak Goreng

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 18 Mei 2022 | 10:58 WIB
Tersangka korupsi minyak goreng, Lin Che Wei/net
Tersangka korupsi minyak goreng, Lin Che Wei/net

SinPo.id - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Lin Che Wei selaku Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia sebagai tersangka dalam perkara mafia minyak goreng,

Penetapan ini terkait perkara dugaan korupsi dalam pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya.

Tersangka Lin langsung ditahan selama 20 hari ke depan di Rumah tahanan (Rutan) Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, sejak 17 Mei 2022-05 Juni 2022.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Lin menjalani pemeriksaan selama lima kali sebagai saksi. Pemeriksaan pertama dilakukan pada 4 April 2022, lalu pada 25 April 2022, 10 Mei 2022, 11 Mei 2022, dan terakhir 12 Mei 2022.

Adapun penetapan Lin sebagai tersangka merujuk pada Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-26/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022 dan Surat Penetapan Tersangka (PIDSUS-18) Nomor: TAP-22/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022. Setelah ditetapkan tersangka, Lin Che Wei langsung ditahan.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah mengungkapkan peran dari tersangka Lie. Menurutnya, Lie kerap terlibat dalam pengambilan keputusan di Kementerian Perdagangan (Kemendag), khususnya keputusan yang berkaitan dengan minyak goreng.

"Ya kita juga heran posisi dan peran dia itu apa di Kementerian Perdagangan, kok terlibat terus di dalam setiap kebijakan minyak goreng," ujar Febrie, Selasa (17/5).

Trending Twitter

Usai ditetapkan sebagai tersangka, nama Lin Che Wei pun memuncaki salah satu daftar trending topik Twitter, Rabu (18/5) ini. Hingga siang ini, sudah ada sekira 5 ribu cuitan terkait nama Lin Che Wei.

“Wah....rekam jejaknya panjang dan okey, sebelum ini,” tulis salah seorang netizen.

“Lin Che Wei Ditetapkan Tersangka Kasus Minyak Goreng, Ditahan di Rutan Salemba. Teganya klean kepada rakyat Indonesia,” kata netizen lain.

“Secara formal, LCW ini, nggak ada jabatannya di Kemendag. Dia itu punya perusahaan, IRAI yang dimanfaatkan oleh Kemendag sebagai penghubung. Cuma secara materiil, dia itu ada perannya di Kemendag dalam merekomendasikan PE ke beberapa perusahaan CPO,” timpal akun @panca66.

“Si Licin yang akhirnya kena juga di kasus mafia minyak goreng. Bertahun2 lolos dengan berbagai profesi dan nama LSM baru. Apresiasi buat kejaksaan, jangan sampai ada yang negoin yah,” sebut @kurawa.sinpo

Komentar: