Foto Menag Rangkul Mas Ragil, GP Ansor: Itu Editan!

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 13 Mei 2022 | 13:55 WIB
Ketua GP Ansor, Luqman Hakim/net
Ketua GP Ansor, Luqman Hakim/net

SinPo.id -  Sebuah foto yang memperlihatkan Ragil Mahardika dan Menag Yaqut Cholil Qoumas viral di media sosial.

Foto tersebut memperlihatkan Menag Yaqut yang sedang merangkul Ragil, pria yang menjalin cinta sesama jenis dengan pria WNA.

Ketua GP Ansor Luqman Hakim mengatakan meme foto Gus Yaqut merangkul salah satu pasangan LGTB itu editan.

Menurut Luqman, tak perlu keahlian khusus untuk menentukan foto tersebut asli atau rekayasa.

"Saya pastikan gambar itu 1000% tidak asli alias hasil editan. Itu editan amatir. Tak perlu pakar digital picture untuk mengetahuinya, mata orang awam saja bisa melihat itu gambar editan," kata Luqman kepada wartawan.

Luqman memberikan pesan kepada pihak yang meng-edit dan menyebarluaskan meme Gus Yaqut rangkul Ragil Mahardika.

Meme tersebut disebut Luqman sebagai editan amatir. Ia bahkan mengatakan Ansor justru siap memfasilitasi belajar editing, tentunya untuk tujuan positif.

"Kalau mau belajar photo editing, Ansor siap memfasilitasi. Kelihatan banget orang itu masih amatiran. Tentu kalau nanti sudah punya keahlian, harus digunakan untuk aktifitas yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Bukan untuk membuat fitnah, menyebar kebencian dan tindak negatif lainnya," tegas Luqman.

Secara hukum, LBH Ansor sedang menyiapkan langkah-langkah hukum yang diperlukan. Luqman mengingatkan seluruh pihak untuk menghentikan kegiatan yang merugikan pihak-pihak tertentu.

"Ansor mengajak kepada semua pihak untuk berkolaborasi dalam kebaikan dan karya-karya kemanusiaan. Tidak ada faedahnya kegiatan-kegiatan jahat seperti itu diteruskan. Sudahi dan segera bertaubat sebelum ajal menjemput," imbuhnya.

Sebelumnya, foto Gus Yaqut merangkul Ragil Mahardika diunggah oleh akun resmi media sosial Bossman Mardigu, seperti dilihat Jumat (13/5).

Di media sosial Mardigu, tertulis caption dia mendapatkan meme Gus Yaqut merangkul Ragil Mahardika. Dia mempertanyakan apakah foto tersebut benar atau hoaks.

Dalam meme tersebut, nampak Gus Yaqut merangkul seseorang yang ditulis Gus Ragil kader Ansor cabang Jerman.sinpo

Komentar: