Jokowi Beberkan Strategi Atasi Kemacetan Saat Arus Balik

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 03 Mei 2022 | 23:00 WIB
Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo mengungkap strategi yang akan diterapkan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik, 6-8 Mei 2022.

Jokowi mengatakan pemerintah akan kembali menerapkan sistem ganjil-genap dan satu arah. Pemerintah juga akan kembali melarang truk melewati jalan tol.

"Kebijakan ganjil-genap, satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol tetap diberlakukan," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (3/5).

Jokowi berjanji pemerintah akan melakukan upaya terbaik selama arus balik. Dia memastikan pemerintah berupaya mengurai kemacetan melalui manajemen lalu lintas.

Pada saat yang sama, Jokowi meminta masyarakat menghindari kepadatan pada puncak arus balik. Menurutnya, puncak arus balik terjadi tiga hari lagi.

"Saya mengajak bapak, ibu, saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik, sesuai izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik pada libur Lebaran Idulfitri tahun ini. Tahun ini adalah kali pertama pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik sejak pandemi Covid-19 melanda.

Kepadatan lalu lintas terjadi di sejumlah titik jalur mudik. Salah satunya Pelabuhan Merak, Banten yang dilalui pemudik Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sejumlah pemudik butuh waktu 12 jam untuk dapat giliran masuk kapal untuk menyeberang.sinpo

Komentar: