Ribuan Personel Gabungan Siaga Amankan Malam Takbir Di Jakarta

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 01 Mei 2022 | 21:52 WIB
Petugas kepolisian/Net
Petugas kepolisian/Net

SinPo.id - Sebanyak 1.036 personel gabungan dikerahkan untuk mengawasi pelaksanaan takbir keliling di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Minggu (1/5).

"Ada 1.036 personel kita siapkan pada malam hari ini gabungan dari TNI, Polri dan Pemprov," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya.

Disampaikan Sambodo, pengamanan malam takbiran kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun lalu, polisi langsung melakukan penutupan jalan dengan menerapkan Crowd Free Night (CFN).

Namun, untuk tahun ini, aparat kepolisian akan lebih dulu melakukan filterisasi atau penyekatan di 13 kawasan, seperti Thamrin-Sudirman, kawasan Kemang, kawasan SCBD, Banjir Kanal Timur, Jalan Benyamin Sueb, Danau Sunter, dan sebagainya.

"Jadi nanti kalau ada konvoi-konvoi atau melakukan takbir keliling kita akan halau, kita akan putar balik, tidak memasuki kawasan protokol yang akan kita jaga," ucap Sambodo.

Kendati demikian, kata Sambodo, jika situasi semakin tidak kondusif atau terjadi kemacetan akibat konvoi takbir keliling, maka penutupan jalan atau crowd free night akan diterapkan.

"Kalau ternyata malam situasinya menjadi tidak kondusif, semakin macet, makin ramai, makin ramai petasan tentu kita akan melaksanakan CFN di 13 kawasan. Kita akan melaksanakan CFN kita tutup dari segala arah," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga telah mengimbau masyarakat di Jakarta dan sekitarnya tidak melakukan takbir keliling di jalanan saat malam takbiran Lebaran.

Alasannya, takbir keliling berpotensi menyebabkan kerumunan. Selain itu, juga membahayakan karena biasanya warga menggunakan truk untuk melakukan takbir keliling.

"Kan kita di bulan Ramadan saja enggak boleh sahur on the road (SOTR), demikian juga takbir keliling untuk sekiranya ditiadakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Rabu (27/4).sinpo

Komentar: