H-4 Mudik! Stasiun Gambir Dan Pasar Senen Kian Sesak Dipadati Pemudik

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 28 April 2022 | 14:27 WIB
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen/net
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen/net

SinPo.id - Terjadi lonjakan penumpang di stasiun Kereta Api (KA) Gambir Jakarta menjelang H-4 Lebaran. Tercatat, 15.900 penumpang akan meninggalkan Jakarta menggunakan kereta api dari stasiun tersebut pada Kamis (28/4) hari ini.

“Jumlah itu mencapai 95 persen dari total tempat duduk tersedia yaitu 16.850 kursi,” kata Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Eva menjelaskan, kenaikan itu mencapai 2.100 penumpang, jika dibandingkan dengan hari kemarin yang hanya 13.800 penumpang.

Sedangkan terdapat 35 kereta api yang beroperasi di Stasiun Gambir. Dari 35 itu, delapan di antaranya merupakan KA tambahan.

Sementara itu di Stasiun Senen ada sekitar 17.200 pemudik yang akan menggunakan transportasi kereta api. Namun, jumlah penumpang tersebut menurun jika dibandingkan hari kemarin, dengan jumlah 17.400 orang.

Jumlah kereta di stasiun Pasar Senen pada hari ini, ada 28 kereta api yang beroperasi. Dua rangkaian kereta di antaranya merupakan kereta tambahan.

"Untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 28 KA beroperasi, 2 KA diantaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 17.200 atau 84 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 20.500," ujar Eva.

Eva menjelaskan, pemesanan tiket KA jarak jauh untuk keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, dan Jakarta Kota pada periode pra-Lebaran yaitu 22 April-1 Mei telah mencapai 312.200 dari total tiket sebanyak 362.200.

Masyarakat banyak memilih keberangkatan pada tanggal 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei dengan relasi mayoritas tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

“Jumlahnya 161.200 tiket di Stasiun Gambir dan 200.900 tiket Pasar Senen,” ujarnya.

Eva menambahkan, KAI telah mengintegrasikan sistem tiket KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 pelanggan. Hasilnya, KAI dapat langsung mengetahui data ini saat pemesanan tiket.

KAI juga membagikan healthy kit kepada pelanggan yang berisikan masker dan tisu basah secara gratis. Hal ini bagian dari membantu pelanggan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. “Sesuai aturan pemerintah, kapasitas untuk KA jarak jauh yaitu 100 persen.”

BERITALAINNYA
BERITATERKINI