Makin Panas, Jerman Akan Kirim Tank Tempur Ke Ukraina

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 26 April 2022 | 20:10 WIB
Tank di Ukraina/Net
Tank di Ukraina/Net

SinPo.id - Jerman akan mengirimkan tank ke Ukraina. Ini merupakan kali pertama Jerman terang-terangan memberikan bantuan militer langsung ke Ukraina di tengah invasi Rusia.

Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht, mengumumkan rencana ini dalam pidato di pertemuan menteri pertahanan 40 negara yang digelar AS di pangkalan militer Ramstein pada Selasa (26/4).

Berdasarkan draf pidato yang dilihat AFP, Lambrecht mengatakan bahwa pemerintah setuju menandatangani pengiriman tank anti-pesawat Gepard ke Ukraina.

Seorang sumber pemerintahan mengatakan bahwa tank tersebut akan dikirim lewat perusahaan senjataKrauss-MaffeiWegmann (KMW), bukan dari militer Jerman.

Beberapa sumber mengatakan, tank tersebut sudah tak digunakan selama sepuluh tahun dan harus diperbarui secara teknis.

Pengiriman tank ini dianggap mengagetkan mengingat Kanselir Jerman, Olaf Scholz, sempat mengatakan tak bakal mengirimkan senjata berat ke Ukraina demi menghindari konfrontasi dengan Rusia.

Beberapa orang menilai kepemimpinan Scholz lemah dan partainya, Partai Sosial Demokrat (SDP), terlalu enggan melepaskan diri dari kebijakan hati-hati mereka terhadap Rusia.

Kini, mulai tumbuh kritik di dalam koalisi pemerintahannya sendiri, yang terdiri dari SDP, Partai Hijau, dan partai liberal FDP.

Dokumen partai koalisi Scholz yang diterima AFP mendesak pemerintah Jerman untuk "terus, dan jika mungkin, meningkatkan pengiriman senjata yang diperlukan ke Ukraina, termasuk menambah pengiriman senjata berat dan sistem kompleks."

Melalui dokumen tersebut, partai koalisi juga menyarankan agar pasukan Ukraina dilatih menggunakan senjata di Jerman dan negara NATO lain.sinpo

Komentar: