Zelensky Ingin Bertemu Putin Untuk Akhiri Perang

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 24 April 2022 | 04:51 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

SinPo.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menginginkan pertemuan langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai bagian dari upaya menghentikan perang.

"Saya pikir siapapun yang memulai perang ini akan mampu untuk mengakhirinya," ujar Zelensky dalam konferensi pers seperti dikutip dari AFP, Sabtu (23/4).

Pria berlatar belakang komedian itu mengaku tak takut untuk bertemu dan bernegosiasi dengan Putin. Ia akan melakukan itu untuk menghadirkan kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina.

"Dari awal, saya bersikeras melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia," katanya. "Bukannya saya ingin (bertemu dengannya), tapi saya harus bertemu dengannya untuk menyelesaikan konflik ini lewat cara diplomatik," ujar Zelensky.

Selain itu, Zelensky mengaku akan mengakhiri pembicaraan bila Rusia masih saja melakukan serbuan yang menewaskan warga Ukraina baik sipil maupun militer.

Zelensku pun menyebut Mariupol-kota Ukraian di psisi Laut Hitam yang kini menjadi medan pertempuran invasi Rusia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Llyod Austin akan berkunjung ke Kyiv, Ukraina, pada Minggu (24/4).

Pada hari yang sama, itu genap tiga bulan Rusia menginvasi Ukraina. Rusia diketahui pertama kali masuk ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

"Besok, pejabat Amerika (Serikat) akan datang mengunjungi kita; saua akan bertemu Menteri Pertahanan (Lloyd Austin) dan Antony Blinken," kata Zelensky kepada wartawan.sinpo

Komentar: