Dewan Pers SinPo

DPR RI Harap Jumlah Kuota Haji Untuk Indonesia Bisa Maksimal

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 09 April 2022 | 23:10 WIB
Ibadah haji/Net
Ibadah haji/Net

SinPo.id - Komisi VIII DPR bersyukur karena Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa negaranya akan membuka ibadah haji tahun 2022 ini untuk 1 juta jamaah. Hal ini tentunya memberikan kepastian kepada calon jamaah haji asal Indonesia. 

"Alhamdulillah tahun ini jamaah asal Indonesia insyaallah berangkat ke tanah suci walaupun dengan quota terbatas dan dengam pembatasan umur," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto saat dihubungi, Sabtu (9/4). 

Namun kata Yandri, untuk jumlah pastinya tentu Indonesia masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi. Dan penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji (Bipih) juga sangat bergantung pada kuota haji yang dialokasikan dan juga lamanya jamaah menetap di sana. 

"Ya sangat tergantung berapa lama jamaah haji di tanah suci dan lain-lainnya," terangnya. 

Meski posisi Indonesia masih menunggu alokasi kuota, menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN ini, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) bisa melobi agar Arab Saudi memberi kuota maksimal kepada Indonesia, dengan memanfaatkan kuota yang tidak terpakai oleh negara lain. 

"Lobi tetap bisa dilakukan biar dapat kuota maksimal atau kalau ada kuota negara lain yang enggak dipakai ini bisa dilobi untuk jadi tambahan kuota Indonesia," saran legislator Dapil Banten II ini.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER